Rabu, 26 Oktober 2016

Sejarah Lengkap Dan Pengertian Gmail

"GMail" atau dikenal juga dengan Google Mail adalah layanan email berbasis web yang disediakan oleh Google secara gratis. Layanan ini diluncurkan pada tanggal 21 Maret 2004 dan sempat membuat heboh banyak kalangan karena langsung menyediakan kapasitas email 1 GB yang pada saat itu sangat tidak wajar. Dan untuk pendaftarannya tidak kodepos terbuka untuk umum tetapi harus melalui undangan dari orang yang sebelumnya sudah mendapatkan account. Dan uniknya juga ada yang bertepatan dengan tahun itu untuk menghargai kita yang menjadi pengguna GMail maka setiap detik kapasitas layanan ini terus bertambah. Pada saat penulisan ini dibuat, kapasitas penyimpanannya sudah mencapai 6791 MB. Sangat menarik bukan ?


Sejarah Singkat Gmail
Gmail adalah layanan surel (surat elektronik) milik Google yang dibuat oleh Paul Buchheit.Pengguna dapat mengakses Gmail dalam bentuk surat web HTTPS, protokol POP3 ataupun IMAP4. Gmail diluncurkan dengan sistem undangan dalam bentuk Beta pada 1 April 2004,dan tersedia untuk publik pada 7 Februari 2007 meski masih menyandang status Beta. Bersama seluruh produk Google Apps, layanan ini tidak lagi Beta pada 7 Juli 2009.

Dengan kapasitas penyimpanan awal 1 GB per pengguna, Gmail berhasil meningkatkan standar penyimpanan gratis surat web 2-4 MB yang ditawarkan para pesaingnya pada waktu itu. Pesan pribadi, termasuk lampiran, dibatasi hingga 25 MB, lebih besar daripada layanan surat web lainnya. Gmail memiliki antarmuak berorientasi pencarian dan "tampilan percakapan" yang mirip dengan forum Internet. Sejumlah pengembang web mengakui Gmail adalah layanan pertama yang memakai metode pemrograman Ajax. Gmail beroperasi dengan Google GFE/2.0 di Linux. Pada Juni 2012, Gmail adalah layanan surat elektronik berbasis web terbesar dengan 425 juta pengguna aktif di seluruh dunia.

** Perlindungan Dari Spam **
Spam adalah tulisan-tulisan sampah/junkmail yang dikirimkan melalui email secara berulang-ulang/bertubi-tubi tanpa diminta dan tidak dikehendaki oleh si penerima, tujuannya untuk mengiklankan sesuatu tapi tidak pada tempatnya…Hal ini tentu membuat sipenerima menjadi tidak nyaman…

Bentuk spam yang umum dikenal meliputi: spam surat elektronik, spam instant messaging, spam usenet newsgroup, spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam blog, spam sms pada hp, dan lain lain….

Contoh lain dari spam berupa surat elektronik berisi iklan, sms pada hp, berita yang masuk dalam suatu forum newsgroup berisi promosi barang yang tidak terkait dengan aktifitas newsgroup tersebut, spamdexing yang mendominir suatu mesin pencari (search engine) untuk mencari popularitas bagi suatu URL tertentu, ataupun bisa berupa berita yang tak berguna dan masuk dalam suatu blog, buku tamu situs web, dan lain-lain.

Contoh sederhana dari spam :
- Pada email : Kadang-kadang kita menerima email-email yang tidak kita inginkan di Inbox yang berisi iklan-iklan yang pengirimnya gak jelas,
- Pada blog, kita mendapati link-link iklan pada kolom komentar dan link-link itu menyuruh si pemilik blog/orang yang membacanya menuju link tersebut
- Pada shoutbox, menyuruh pengunjung ke link-link aneh, dan si tukang spam ini tidak menunjukkan jati dirinya…

** Pengertian Lain **

Spam atau junk mail adalah penyalahgunaan dalam pengiriman berita elektronik untuk menampilkan berita iklan dan keperluan lainnya yang mengakibatkan ketidaknyamanan bagi para pengguna web. Bentuk berita spam yang umum dikenal meliputi: spam surat elektronik, spam instant messaging, spam Usenet newsgroup, spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam blog, spam berita pada telepon genggam, spam forum Internet, dan lain lain.

Spam ini biasanya datang bertubi-tubi tanpa diminta dan sering kali tidak dikehendaki oleh penerimanya. Beberapa contoh lain dari spam ini bisa berupa surat elektronik berisi iklan, sms pada telepon genggam, berita yang masuk dalam suatu forum newsgroup berisi promosi barang yang tidak terkait dengan aktifitas newsgroup tersebut, spamdexing yang mendominir suatu mesin pencari (search engine) untuk mencari popularitas bagi suatu URL tertentu, ataupun bisa berupa berita yang tak berguna dan masuk dalam suatu blog, buku tamu situs web, dan lain-lain.

Spam dikirimkan oleh pembuat iklan dengan biaya operasi yang sangat rendah, karena spam ini tidak memerlukan mailing list untuk mencapai para pelanggan-pelanggan yang diinginkan. Sebagai akibatnya banyak fihak yang dirugikan. Selain pengguna Internet itu sendiri, ISP (penyelenggara layanan Internet atau Internet service provider), dan masyarakat umum juga merasa tidak nyaman. Karena biasanya sangat mengganggu dan kadang-kadang membohongi, berita spam termasuk dalam kegiatan melanggar hukum dan merupakan perbuatan kriminal yang bisa ditindak melalui undang-undang Internet.

Fungsi Gmail
Gmail/Google mail memiliki banyak fungsi/kegunaanya. Fungsi gmail bagi penggunanya antara lain,sebagai alat untuk berkomunikasi (surat-menyurat elektronik) dengan orang lain,sebagai alat yang dibutuhkan untuk membuat akun media sosial seperti facebook,twitter,linkedin,instagram,path,dan lainnya,sebagai alat yang dibutuhkan dalam membuat akun paypal (rekening online),sebagai alat yang dibutuhkan dalam berbisnis online,seperti membuat blog baik itu blogspot maupun wordpress,mendaftar di situs paid survey,maupun untuk mendaftar di situs paid to click (PTC).Disamping itu tentu gmail memiliki banyak fungsi lainnya.

Fitur Gmail
Gmail menyedikan kapasitas penyimpanan sebanyak lebih dari 7538 megabyte dan terus bertambah. Jumlah ini lebih dari jumlah yang disediakan situs lain. seperti Yahoo! dan Hotmail. Hal ini berarti para pengguna dapat menyimpan sampai ribuan surat elektronik. Sampai saat ini, gmail merupakan email dengan kapasitas terbanyak.
Gmail juga mengaplikasi teknologi pencarian Google yang memudahkan penggunanya mencari sesuatu dari email mereka. Gmail juga menampilkan iklan yang didasarkan dari email yang diterima pengguna. Iklan tersebut hanya diperlihatkan ke pengguna Gmail dan tidak dikirimkan ke alamat eksternal.

Gmail dapat mengirimkan lampiran hingga 25 MB per email. Salah satu dari hal baru yang ditawarkan Gmail adalah penyortiran email dalam bentuk "Conversation view". Dengan begini email yang diterima akan diurutkan dalam bentuk percakapan, sehingga semua balasan dan topik tidak terpisah-pisah. Hal ini bisa membuat pengguna mudah untuk melihat email yang mereka dapat. Gmail kadang salah mengira email mana yang harus dikelompokkan bersama-sama, namun hal ini sudah jarang terjadi.

Salah satu perubahan baru yang bertemakan kejuaraan melempar ponsel paling jauh adalah kemampuan untuk melabeli email. Sebuah email dapat mempunyai lebih dari satu label. Fitur ini berguna untuk menyortir email sesuai dengan label yang diberikannya, Google juga dapat memberikan label secara otomatis dengan sebuah filter. Teknologi Push e-mail juga diterapkam Gmail pada perangkat iPhone dan Windows Mobile, sedangkan pada perangkatTelepon pintar (smartphone) lainnya kemampuan teknologi Push e-mail dari Gmail ini bervariasi tergantung dari aplikasi yang bisa dipasang pada Telepon pintar dari berbagai merk dan jenis. Gmail juga mengaplikasi teknologi pencarian Google yang memudahkan penggunanya mencari sesuatu dari email mereka

13 Fitur Keunggulan Gmail

1).Perlindungan dari Spam
2).Mudah melakukan pencarian terhadap email-email Anda
3).Lebih mudah mengikuti diskusi, karena dibantu layout topik/thread yang tersusun dengan baik
4).Fasilitas chatting yang terintegrasi
5).Pengelompokan email dengan cara filtering/penyaringan, pemberian label dan bintang yang tidak terbatas
6).Dapat diakses dengan ponsel (mobile device)
7).Kapasitas yang besar – dan makin besar seiring dengan berjalannya waktu
8).Ada Iklan – tetapi tidak cukup mengganggu
9).Menghemat waktu
10).Gratis dalam membuat akun
11).Terintegrasi dengan seluruh produk Google
12).Dimiliki oleh Perusahaan Raksasa Google
13).Tampilannya yang user friendly

Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Gmail:Apa Itu Gmail?Dan Bagaimana Sejarah Terbentuknya Gmail?.Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar